Telaga Nirwana

Destinasi Selasa, 24 Juli 2018 Admin 05 685

Telaga Nirwana Rote Ndao

Pemandangan asri nan menyejukan hati pengunjung dikala tiba di pantai indah dengan telaganya yang begitu mempesona dan memukau bagaikan si gadis cantik yang belum mengenal dunia luar, itulah Telaga Nirwana, demikian sebutan penduduk desa. Telaga Nirwana yang berada kurang lebih 200 meter dari bibir pantai Buadale tepatnya di Dusun Kotalai Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Seakan menjanjikan kenangan terindah bagi setiap pengunjung yang datang ke Telaga Nirwana, karena pemandangannya yang sangat mempesona dengan teluk sepanjang kurang lebih 700 meter dan bermuara pada sebuah telaga yang menjolor tepat ke dalam sebuah gua yang sangat indah. Suguhan makin indah, di tengah telaga tersebut ada sebuah lempengan batu besar berbentuk hati yang dikelilingi bentangan pasir putih di dasar air yang tembus pandang, dengan kedalaman air setinggi pinggang orang dewasa.

Jika hendak ke Telaga Nirwana, pengunjung bisa menyewa sampan milik nelayan di bibir pantai Buedale dan bertolak dengan mendayung sampan tersebut sekitar 200 meter, hanya butuh waktu kurang lebih 10 menit sudah sampai di tempat. Jarak tempuh dari Kota Baa ke Desa Oeseli kurang lebih 35 kilo meter, bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Telaga Nirwana belum diketahui banyak orang, kata Kepala Desa Oeseli Yeskial Nina Mooy ketika ditemui di kediamannya. “Telaga Nirwana belum diketahui oleh pemerintah maupun masyarakat luar, karena lokasinya yang tersembunyi, terpeleh karang, pepohonan dan hutan bakau”, ungkap Yeskial.

Menurutnya salah satu program prioritas Desa yang akan dikerjakan lima tahun ke depan adalah pengembangan dan pengelolaan obyek wisata desa, Telaga Nirwana dan Konservasi Hutan Bakau yang bisa menyerap Dana Desa bersumber dari APBN.

Seorang tokoh masyarakat setempat, menuturkan bahwa pada masa lampau tempat tersebut merupakan tempat memohon doa oleh para Nelayan yang hendak melaut untuk mencari di lautan lepas, agar mereka selalu dilindungi dan terhindar dari bahaya dan pulang dengan membawa hasil tangkapan yang melimpah. 

sumber : www. radarntt.co | foto : google

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

Kabupaten Rote Ndao