Tarian Lakamola Raih Juara II Festival Seni dan Budaya NTT

Warta Disbudpar Rabu, 25 Juli 2018 Admin05 482

Tarian Lakamola Rote Ndao

Festival Seni Budaya Daerah Tingkat Provinsi NTT merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh UPT Taman Budaya Daerah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT dalam rangka upaya pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan kesenian tradisional serta meningkatkan kreativitas seniman daerah.

Mengangkat tema “Budayaku Kebanggaanku”, festival ini digelar dari tanggal 10 hingga 14 Agustus 2016 di Panggung Kesenian Taman Budaya Daerah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi, yang diikuti oleh tim kesenian dari kabupaten/kota se-provinsi NTT atas dasar undangan panitia serta rekomendasi oleh masing-masing pemerintah kabupaten/kota. 

Tim kesenian yang mewakili Kabupaten Rote Ndao pada kesempatan kali ini adalah Sanggar Samuliti SMA Negeri 1 Rote Barat Laut, yang terdiri dari 7 orang pemusik, 6 penari, 1 orang penata Rias, 1 orang Pelatih dan 1 orang pendamping dari sekolah tersebut.

Keberadaan Dewan Juri yang dua orang diantaranya adalah Dosen Kesenian pada Universitas Batam dan Institut Seni Indonesia Yogyakarta menambah gengsinya keberadaan festival ini, sehingga masing – masing tim berusaha menampilkan tarian yang terbaik. Tak terkecuali dengan tim kesenian perwakilan kabupaten Rite Ndao. Dengan membawakan Tarian Lakamola, Sanggar Samuliti yang mendapat nomor undian kedua sebagai penampil, berhasil memukau penonton khususnya Dewan Juri dan berhak meraih Juara II pada festival ini.

Dengan keberhasilan ini, diharapkan agar tidak membuat kita merasa puas, namun ini akan menjadi motivasi untuk terus mempertahankan bahkan meningkatkannya di waktu yang akan datang. 

Cuplikan Tarian Lakamola yang dibawakan oleh Sanggar Samuliti pada festival tersebut dapat dilihat di sini.

Sumber : Laporan Kegiatan Panitia

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

Kabupaten Rote Ndao