Wabup Buka Festival Seni Budaya Daerah Tahun 2019

Warta Disbudpar Selasa, 27 Agustus 2019 Aris Timo 89

Kegiatan Festival Seni Budaya Daerah Tingkat Kabupaten Rote Ndao Tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Rote Ndao, Stefanus M. Saek, S.E,M.Si pada Kamis, 22 Agustus 2019 di Lapangan Bola Ba’a. Dalam sambutannya, Wakil Bupati Saek sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan festival tersebut.

“Kegiatan seperti ini patut kita hargai karena seiring perkembangan zaman, kebudayaan daerah kita mulai pudar. Contohnya pada berbagai acara adat sekalipun, musik dan tarian modern yang sering kita dengar dan lihat. Tidak ada lagi orang yang main sasandu, tidak ada lagi orang yang helo (mengucapkan tuturan adat lewat syair). Oleh karena itu kita mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rote Ndao. Harapannya kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahun,” pesannya.

Mendahului sambutan Bupati Rote Ndao, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Rote Ndao Melkias R. Rumlaklak, S.IP menyampaikan laporan panitia sekaligus program-program untuk melestarikan kebudayaan masyarakat Rote Ndao, salah satunya kegiatan Festival Seni Budaya Daerah Kabupaten Rote Ndao.

“Kami merasa terpanggil untuk melestarikan kekayaan budaya leluhur kita. Karena itu, program-program berbasis budaya kami agendakan agar diadakan setiap tahunnya,” tegas Rumlaklak.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan lomba menari pada hari pertama yang menampilkan tiga peserta yaitu SMA Negeri 1 Rote Selatan, Sanggar SMA Negeri 1 Pantai Baru dan SMA Kristen Siloam Ba’a. Adapun hiburan selingan ditampilkan Paduan Suara SD Negeri 3 Ba’a, Sanggar TK Darmawanita, Sanggar TK Al-Ikwal, Sanggar SMP Negeri 1 Ba’a, dan SMP Negeri 1 Rote Tengah

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

Kabupaten Rote Ndao